OXY MEMBANTU MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH

OXY MEMBANTU MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat Datang di halaman Rumah Sehat Oxy (RSO) Sarirogo, Sidoarjo.. Mari Hidup Sehat dan Membagikannya...

Senin, 20 Januari 2014

JAGUNG ATAU NASI PUTIH ?

Beras atau nasi putih makanan pokok yang telah diyakini dan tak tergantikan bagi masyarakat Indonesia, terutama penduduk pulau Jawa. Bahkan banyak orang yang menganut istilah “ belum disebut makan kalau belum makan nasi”. Nasi putih memang merupakan makanan pokok dengan kandungan karbohidrat tinggi yang dapat menyediakan energi bagi tubuh kita secara cepat. Namun dengan berbagai tantangan kesehatan yang ada saat ini, masyarakat perlu bersikap lebih cerdas dalam menentukan pola makan yang sehat dan terbaik bagi kesehatan.

Di dalam ilmu gizi, makanan pokok yang tersedia di lingkungan kita sangat beraneka ragam dan bukan hanya nasi/beras putih. Banyak pilihan lain yang sering kali diabaikan oleh masyarakat, antara lain jagung, beras merah, ketela, gandum, dan sebagainya. Jagung sebagai salah satu bahan makanan yang juga mengandung karbohidrat tinggi patut untuk kita lirik dan dapat dijadikan sebagai pengganti nasi karena ternyata kadungan gizinya lebih bernilai dibandingkan nasi putih. Perbandingan beberapa kandungan gizi antara nasi putih dan jagung tampak dalam tabel di bawah ini :

Kandungan Gizi
Nasi Putih
Jagung
Nutritional value per 100 g
Energy 130 kcal
Energi 150 Kcal
Carbohydrates
28,59 g
11,4 g
Fiber
0,3 g
0,4 g
Fat
0,21 g
0,6 g
Protein
8,7 g
6,8 g
Vitamin A
0
30 RE
Thiamin (Vit. B1)
0.167 mg
0,07 mg
Riboflavin (Vit. B2)
0.016 mg
0,04 mg
Niacin (Vit. B3)
1.835 mg
60 mg
Vitamin C
0 mg
3 mg
Calcium
3 mg
2 mg
Iron
1.49 mg
0,3 mg
Phosphorus
37 mg
47 mg
*Dikutip dari berbagai sumber

Secara umum, memang kandungan gizi nasi putih dan jagung tidak memiliki selisih yang banyak. Namun jika dibandingkan jenis kandungan gizinya, jagung memiliki jenis nutrisi yang lebih lengkap dibandingkan nasi putih. Jagung kaya akan vitamin A dan vitamin C yang tidak terkandung di dalam nasi putih. Serat yang terkandung di dalam jagung juga lebih tinggi sehingga lebih bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Lemak di dalam jagung sangat dianjurkan untuk para penderita penyakit kardiovaskular termasuk hipertensi, karena kaya kandungannya akan PUFA (Poly Unsaturated Fatty Acid).

Selain kandungan gizinya, ada satu perbedaan antara nasi putih dan jagung yang sangat penting untuk kita pertimbangkan. Karbohidrat yang terdapat di dalam nasi putih merupakan karbohidrat sederhana, sedangkan karbohidrat pada jagung merupakan bentuk karbohidrat kompleks. Perbedaan jenis karbohidrat ini tentu saja mengandung konsekuensi yang berbeda pula.Karbohidrat sederhana memiliki karakter cepat dicerna di dalam pencernaan sehingga kadar gula darah dalam tubuh akan cepat naik. makanan lain yang juga merupakan karbohidrat sederhana antara lain mie instan dan gula. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan ini maka kita akan cepat merasa kenyang namun juga lebih cepat merasa lapar sehingga kurang tepat bila dikonsumsi bagi orang-orang yang sedang dalam program menurunkan berat badan. Sedangkan karbohidrat kompleks memiliki karakter yang berbeda. Karbohidrat kompleks dicerna secara lambat oleh saluran pencernaan kita sehingga kadar gula darah dalam tubuh naik secara lambat, sehingga rasa kenyang yang dirasakan akan bertahan lebih lama dibandingkan bila mengkonsumsi karbohidrat sederhana. Karakteristik makanan jagung yang merupakan karbohidrat kompleks ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes dan juga orang-orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Namun perlu diperhatikan bahwa nasi putih maupun jagung atau jenis makanan sumber karbohidrat yang lain hanya sedikit menyediakan kebutuhan nutrisi tubuh kita. Artinya, untuk bisa mendapatkan gizi yang seimbang dari makanan, tentu kita juga harus menyediakan sumber makanan lain yang merupakan penyedia zat gizi protein, lemak, vitamin, dan mineral. Jadi diet 4 sehat 5 sempurna merupakan dasar dari gizi yang seimbang.

Narasumber: dr. Dion Sulistyo

2 komentar:

  1. NASI JAGUNG MODERN - Alami, Higienis dan Praktis

    Dihasilkan dari penelitian dan inovasi modern di bidang teknologi pangan menjadikan produk berkualitas tinggi, sehat dengan rasa alami jagung segar. Kandungan nutrisi Rendah Lemak dan Rendah kalori sesuai trend kebutuhan kesehatan. Cocok untuk Diet, Manjur untuk Diabetes & Kolesterol. Mari Budayakan: "ONE DAY NO RICE

    BalasHapus
  2. Kalo dikonsumsi swkt puasa mengapa gula darah naik

    BalasHapus

DEMI WAKTU

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.